Cara Untuk Terkoneksi Ke Internet Menggunakan Wvdial

Posted by Antoni CLianto's Blog

Internet adalah salah satu komponen penting dalam berselancar di dunia maya. Coba anda bayangan apabila mempunyai modem yang koneksinya sering putus atau mungkin anda pengguna Ubuntu OS yang menggunakan modem CDMA. Berikut ini saya akan jelaskan bagaimana Cara untuk terkoneksi ke internet menggunakan Wvdial.

Wvdial adalah aplikasi sebagai sarana untuk terhubung ke internet pada ubuntu Os. Ubuntu OS sampai saat ini masih banyak masalah pada drivernya. Kalau di Windows kemungkinan modem plug and play ( Colok langsung dapat terhubung). Disinilah letak tantangan tersebut.

Langsung saja sobat diperhatikan dengan teliti cara konfigurasi dibawah ini:

connet menggunakan wvdial

  • Colok modem ke port USB
  • Buka terminal dengan cara CTRL+ALT+T
  • Ketikan perintah Lsusb , maka outputnya seperti ini -> Bus 001 Device 003: ID 12d1:1003 Huawei Technologies Co., Ltd. E220 HSDPA Modem / E230/E270/E870 HSDPA/HSUPA Modem itu adalah modem kita yang masih terbaca sebagai CD-ROM
  • Ketik perintah sudo eject /dev/sr1 , tidak akan mengeluarkan output apapun apabila berhasil.
  • ketikan kembali Lsusb, apabila outputnya sama berarti modem anda otomatis dapat digunakan plug and play. (tinggal membuat konfigurasi jaringan yang ada pada pojok kanan atas di desktop anda)
  • ketikan sudo modprobe usbserial product=0x12d1 vendor=0x1003 ,untuk register modem anda agar dapat dikenali. Jika tidak ada outputnya maka berhasil
connet menggunakan wvdial
  • Selanjutnya ketikan sudo wvdialconf , perintah ini akan membaca modem anda terletak dimana.( USB0, USB1, USB2 atau USB3 )
connet menggunakan wvdial
  • Ketik perintah sudo gedit /etc/wvdial.conf akan keluar jendela baru untuk konfigurasi . Aturlah seperti dibawah ini sesuai provider jaringan anda masing-masing.
[Dialer 3] --> tergantung providernya
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Modem Type = Analog Modem
ISDN = 0
Phone = *99#
Modem = /dev/ttyUSB0 --> letak dari USB dicolok
Username = 3data --> tergantung providernya
Password = 3data --> tergantung providernya
Baud = 460800  --> kecepatan internet (ABAIKAN TEKS BERWARNA MERAH)

connet menggunakan wvdial
  • Perintah terakhir untuk terkoneksi ke internet menggunakan Wvdial adalah sudo wvdial 3 (3 disini yang dimaksud adalah [Dialer 3] terletak pada baris pertama saat kita konfigurasi username dan lain-lain. apabila [Dialer modem] maka perintah yang diketikan adalah sudo wvdial modem.)
  • Selesai saatnya berselancar didunia maya , tapi jangan lupakan waktu solat ya sobat :)
Demikianlah artikel kali ini yang berjudul  Cara Untuk Terkoneksi Ke Internet Menggunakan Wvdial . Semoga bermanfaat , jika masih kurang jelas dapat berkomentar atau kirim email ke penulis antoni.lianto@gmail.com

Salam Blogger
Ditulis oleh Antoni CLianto

Related Post



Niam Tamami said...

makasih mas, makasih buat tutorialnya, ini mau tak coba ke yocto linux....

Post a Comment

- DILARANG MEMBERIKAN KOMENTAR SAMPAH
- DILARANG KERAS MENANAM LINK HIDUP
- HORMATI PERBEDAAN DAN SALING MENGHARGAI