Apa Itu Blog Atau Website dan Pendukungnya

Posted by Antoni CLianto's Blog

Apa itu blog atau website? Mungkin hari ini sudah banyak yang mengetahui tentang dunia internet. Namun tidak semua pengguna blog itu mempunyai website, entah itu halaman pribadi, tulisan cerita, berbagi pengetahuan, dan masih banyak lagi. Pokoknya dunia itu luas dan tiada batas untuk kalian jelajahi. Tapi kalian harus ingat waktu untuk aktifitas didunia nyata seperti menunaikan solat, bekerja, dan istirahat.

apa itu blog atau website

Blog atau website itu berguna untuk berbagi informasi, berita, pengetahuan, dan lain-lain. Bahkan ada juga yang bekerja sebagai blogger yang berdedikasi tinggi menghabiskan waktu hanya untuk ngeblog. Pasti kalian sedang bingung dan bertanya-tanya, siapa yang mau menggaji mereka? Jawabannya yaitu iklan. Apabila blog sudah banyak pengunjungnya pasti banyak juga yang ingin mrmasang iklan.

Pendukung Blog Atau Website Untuk Online

Blog dan website pasti mempunyai alamat untuk dapat online dan diakses darimana saja. Alamat itu biasa disebut dengan kata domain. Domain tersebut yang membedakan blog yang satu dengan lainnya. Ada juga yang namanya hosting, ini biasa digunakan para pengguna website untuk meletakkan file-file yang ada di website online. Masih pada bingung ya sobat? Aku jelaskan lebih detail lagi ya.

domain-atau-alamat-website

1. DOMAIN

Domain itu adalah sebuat alamat blog atau website misalnya ourninetytwo.blogspot.com. Domain ini dibuat dibuat di blogger.com, masih banyak lagi contohnya antoniclianto.wordpress.com berarti dibuat melalui wordpress.com. Tapi lain lagi kalau sobat membeli domain untuk mendapatkan top level domain seperti .com, .net, .org, .biz, .asia. Apabila kalian sangat cinta dengan indonesia, bisa menggunakan domain co.id, web.id, biz.id dan yang paling baru dan belum lama launching yaitu .id.

2. HOSTING

Hosting adalah suatu tempat dimana kalian mendirikan bangunan yaitu meletakkan file dan content website. Hosting ada yang gratis banyak juga yang berbayar, tapi yang berbayar itu lebih baik dari segi kualitas dan supportnya apabila ada masalah atau trouble. Jika sobat menggunakan blog maka tidak perlu membayar hosting, karena dengan menggunakan blog hanya perlu melakukan daftar saja.

Website Untuk Membuat Blog Gratis

Pada sub-bab ini aku akan berbagi informasi, dimana saja kalian dapat membuat website atau blog secara gratis dan mudah. Setiap vendor memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Jadi tentukanlah yang kena dihati.

1. Blogger

Blogger.com adalah salah satu produk Google yang memberikan fasilitas untuk membuat blog. Pokoknya kalian akan dimanjakan dengan yang namanya kemudahan, dari segi user interface dan edit dimana-mana. Karena satu naungan Google, pastinya ada posisi istimewa di search engine.

2. Wordpress

Wordpress.com juga tidak kalah SEO friendlynya daripada blogger. Template tersedia juga menawan. Jika kalian ingin punya blog wordpress, tinggal daftar saja langsung diwebsitenya gratis.

Aku akhiri artikel ini, semoga dapat menjadi pencerahan untuk yang belum mengetahui apa itu blog atau website. Sebenarnya masih banyak yang ingin aku tulis disini, tapi mungkin pada postingan lainnya ya sobat.

Ditulis oleh Antoni Clianto

Related Post



Unknown said...

test

Unknown said...

This comment has been removed by a blog administrator.

Unknown said...

Makasih onfonya bro!

Post a Comment

- DILARANG MEMBERIKAN KOMENTAR SAMPAH
- DILARANG KERAS MENANAM LINK HIDUP
- HORMATI PERBEDAAN DAN SALING MENGHARGAI