Cara Membuat Website Sendiri Tanpa Belajar

Posted by Antoni CLianto's Blog

Saya akan berbagi ilmu tentang cara belajar membuat website sendiri untuk pemula yang praktis dan mudah. Mungkin sebagian orang sudah mengetahui apa itu website dan bagaimana kerjanya, namun sebagian lainnya masih awam dan belum mengerti. Saya akan berbagi pengetahuan untuk anda yang ingin bisa membuat website sendiri tanpa jasa pembuat website.

Sebelumnya anda harus mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk membuat website. Untuk membangun sebuah website diperlukan domain dan hosting. Apa itu domain dan hosting? Domain dan hosting jika diibaratkan seperti rumah, domain adalah alamat rumah dan hosting itu tempat meletakan bangunannya.

Cara Membuat Website Sendiri Dengan Mudah

Membuat website sebenarnya tidak sulit seperti apa yang dibayangkan seseorang. Hanya butuh waktu kurang lebih 30 menit anda sudah bisa membuat website sederhana menggunakan CMS. Apa itu CMS ? CMS itu adalah konten manejemen sistem, sebuah aplikasi jika diinstal ke hosting bisa menjadi sebuah website.

CMS yang sering digunakan seperti wordpress, joomla, drupal dan masih banyak lagi saya kurang hafal anda bisa mencari referensinya di google untuk lebih detail tentang CMS. Pada artikel ini saya akan memberikan tutorial cara membuat website sendiri dengan CMS yang disediakan gratis oleh wordpress.org atau yang biasa dikenal dengan sebutan wordpress self host.

Cara membuat website dengan CMS Wordpress
Sebelum anda belajar membuat website butuh domain dan hosting. Anda dapat melihat artikel saya sebelumnya yang berjudul cara beli domain dan hosting.  Saya sarankan untuk membeli domain dan hosting pada 1 tempat atau 1 paket. Karena anda tidak perlu lagi mengedit nameserver agar domain dan hosting terhubung.

Setelah anda membeli domain dan hosting maka segera periksa email yang digunakan untuk daftar di website penyedia hostingtersebut. Anda akan mendapatkan informasi mengenai login cPanel akun hosting yang telah anda beli, setelah itu anda harus login terlebih dahulu. Setelah itu, login misalnya ke antoniclianto.com/cpanel. Antoniclianto.com itu diganti sesuai dengan nama domain yang anda daftarkan.


Kemudian scrol kepaling bawah, pada menu Software and Services > Softaculous Apps Installer anda bisa lihat paling bawah pada tab Softaculous Apps Installer.

Selanjutnya, pilih Wordpress dan klik Install


Hilangkan kata wp pada kolom In Directory, jika tulisan wp tidak terhapus maka website anda akan terinstal di namadomainanda.com/wp. Jadi tidak keren kan sobat, tapi untuk yang paham ada nilai tambah untuk keamanannya jika instal di submenu.




Selanjutnya, klik Install  dan proses instalasi wordpress akan selesai secara sendirinya.

Tunggu prosesnya beberapa detik, jika sudah benar mengikuti langkah-langkah diatas pasti website anda akan terbentuk secara normal. Untuk login ke admin panel silahkan kunjungi antoniclianto.com/wp-admin/. Pada wp-admin anda dapat mengatur semuanya yang ada diwebsite dari mulai theme, plugins, post, dan masih banyak lagi.

Belajar Membuat Website Profesional dan Advance

Belajar membuat website adalah ilmu yang harus dipelajari secara mendalam, jika anda tidak puas hanya membuat website seperti tutorial diatas. Saya sarankan untuk meningkatkan kemampuan dengan kursus membuat website atau mendesain website.

Ada sebagian orang yang tidak mau menggunakan website yang dibuat menggunakan CMS, alasannya karena tingkat keamanannya sangat rendah. Anda bisa bayangkan jika anda membeli sebuah rumah KPR yang desain dan isinya sama semua dengan rumah lainnya. Maka akan sangat mudah untuk pencuri memperlajari struktur rumah tersebut. Mereka bisa saja membeli satu unit untuk mempelajarinya.

Maka dari itu ilmu membuat website sendiri biasanya mahal dan tidak murah. belajar membuat websitenya juga harus ekstra keras karena nantinya anda akan bertemu dengan yang namanya bahasa programming yang sangat sulit untuk orang biasa.

Solusinya adalah ikut kursus membuat website, karena dari tempat kursus tersebut akan belajar membuat website yang lebih advance/sulit dan yang profesional. Saya ingin merekomendasi salah satu tempat belajar membuat website sendiri dengan ilmu pemograman yang sudah diakui kualitasnya.

Babastudio.com telah kompeten dibidangnya lebih dari 13 tahun berpengalaman dalam kursus membuat website dan tidak hanya itu saja, Babastudio juga memiliki berbagai kursus lainnya yaitu : Kursus SEO, Kursus Animasi Drawing, Kursus Game, Kursus Desain Grafis, Kursus Komputer, Kursus Web Design, Kursus Website, Kursus PHP, Kursus Flash Animasi, Kursus Internet Marketing.

Nantinya anda akan belajar sesuai kursus yang dipilih, jika anda mengikuti kursus website maka anda akan belajar membuat website yang mudah namun profesional. Jika masih kurang puas dapat mengikuti kursus php untuk menghasilkan website buatan sendiri yang sesuai dengan keinginan anda.

Demikianlah sekilas tentang cara membuat website sendiri dan rekomendasi tempat kursus untuk belajar membuat website. Semoga bermanfaat untuk anda pemula yang ingin menjadi master dalam pembuatan website atau anda ingin membuka jasa pembuatan website. Semua bisa dilakukan jika anda mau berusaha dan berdoa. Salam sukses

Related Post



las said...
This comment has been removed by a blog administrator.
sri susanty said...

makasih banyak mas, cara yang mudah untuk membuat website untuk pemula seperti saya :)

Antoni Clianto said...

semoga bermanfaat ya mba :D

Deal Master said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

- DILARANG MEMBERIKAN KOMENTAR SAMPAH
- DILARANG KERAS MENANAM LINK HIDUP
- HORMATI PERBEDAAN DAN SALING MENGHARGAI